Sabtu, 19 November 2011

Sejarah Singkat SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

Yayasan Al Azhar Lampung berdiri pada tanggal 7 bulan Juli tahun 1982 dengan akte notaris Imron Ma’ruf, SH dengan No. 26 tanggal 7 Juli 1982, dalam perjalanannya hingga saat ini telah mengasuh berbagai lembaga pendidikan yakni 18 TK, 2 SD, 3 SLTP, 3 SMU, 1 MTs, 1 MA, dan lembaga non formalnya pendidikan Diniyah serta TKA/TPA yang tersebar diseluruh wilayah Lampung, Yayasan Al Azhar Lampung berpusat di Jl. Gunung Tanggamus Raya No. 34 Perumnas Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung.
Yayasan Al Azhar Lampung didirikan oleh para tokoh yang peduli akan pendidikan dan da’wah yakni sbb:
· Bpk. Ir. Hi. Muswardi Thaher
· Ibu Hj. Mudjimah Azhari
· Bpk. Drs. Hi. Tjik Ayub Asumat
· Bpk. M. Syamsuddin
· Bpk. Suhardi, MD
· Ibu Roswati Arifin
Saat ini Yayasan Al Azhar Lampung dibawah pimpinan Bapak Ir. H. Muswardi Thaher.
Pendirian Yayasan Al Azhar merupakan wujud dari kepedulian untuk membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Lewat pendidikan diharapkan akan tercipta manusia Indonesia seutuhnya yang beriman dan bertakwa serta memiliki wawasan yang luas terhadap ilmu dan teknologi.
Yayasan Pendidikan Al Azhar sangat memperhatikan perluasan pendidikan yang diperoleh oleh anak didik, dalam hal ini melengkapi materi pelajaran yang sudah ada dengan melengkapi sarana dan prasarana yang ada seperti laboratorium.
Sebagai jawaban dari dinamika ilmu pengetahuan yang demikian cepat bergerak Yayasan Al Azhar Lampung meresponnya dengan mengadakan laboratorium Bahasa yang bergerak di dalam memberikan pengetahuan akan pengetahuan linguistic peserta didik dalam hal ini Bahasa Inggris. Hal ini dilandasi sebuah pemikiran bahwa dewasa ini Indonesia telah memasuki era Global dimana sumber daya manusia harus dipersiapkan secara matang sehingga tidak tertinggal dan kalah saing dengan tenaga kerja yang berasal dari luar negeri. Untuk itu kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris yang saat ini telah menjadi bahasa International harus benar-benar dipersiapkan secara matang. Atas dasar itulah Yayasan Pendidikan Al Azhar menyiapkan segala hal yang dibutuhkan guna mempermudah siswa dalam belajar bahasa asing dan salah satu nya adalah penerapan English Lab yang berbasis kompuer dan technologi sehingga diharapkan setiap siswa nantinya mampu berbahasa Inggris dengan baik dan lancar. Penguasaan bahasa Inggris sejak dini diharapkan akan menjadikan komunitas pendidikan yang ada dilingkungan Perguruan Al Azhar menjadi lebih cepat dan tanggap dalam menghadapi perkembangan zaman yang berasal dari luar negeri disegala bidang ilmu.
Pemikiran ini dilandasi oleh kecenderungan dari perkembangan zaman secara global yang mengarah  kepada kesatuan kawasan dunia. Perkembangan teknologi dan informasi tanpa tapal batas  yang memudahkan setiap orang orang untuk mengakses informasi dari berbagai penjuru dunia, membuat sumberdaya manusia kita sedikit canggung ketika tidak diiringi dengan kemampuan dalam berbahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Perkembangan Teknologi informasi ini bergerak sangat cepat sehingga jika tidak diantisipasi sejak dini akan dikhawatirkan menimbulkan gap atau jurang pengetahuan yang cukup jauh antara sumberdaya manusia Indonesia dengan sumber daya negara lain. Sehingga ketertinggalan tersebut akan mengurangi kemampuan dalam bersaing dengan negara lain bahkan tidak mustahil akan timbul neo kolianilisme terhadap negara kita oleh negara lainnya.
Tentu saja hal tersebut harus diantisipasi mulai sekarang, Yayasan Pendidikan Al Azhar menilai perlunya keberadaan sarana dan prasarana komputer untuk saat ini dan yang akan datang sebagai penunjang dan pelengkap sarana yang telah ada.
Mengingat pentingnya kemampuan dalam berbahasa asing ini, maka dibentuklah sebuah wadah lembaga yang mengkoordinasikan pembelajaran bahasa asing. Bahasa Inggris tidak hanya sebagai ilmu yang memiliki teoritik keilmuannya tapi juga merupakan sebuah skill atau ketrampilan yang mana dibutuhkan praktek-praktek untuk memperdalam tingkat profisiensi seseorang dalam berbahasa Inggris. Tak hanya praktek, media juga menjadi syarat utama atas keberhasilan seseorang dalam berbahasa Inggris. Hal ini terbukti atas banyak nya penelitian yang menyebutkan bahwa media memiliki peranan yang sangat besar atas berhasilnya siswa dalam belajar berbahasa asing. Untuk itu media yang disediakan di English Lab yayasan pendidikan Al Azhar 2, diharapkan dapat membantu siswa dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar